Agar Vitamin Tidak Hilang Dari Sayuran

Sayur mayur sarat dengan vitamin, tapi hati-hati, jika Anda salah memasak dan mengolahnya, maka kadar vitamin tersebut akan berkurang. Berikut tips proses memasak yang tepat untuk meminimalkan hilangnya kadar tersebut:

  1. Cucilah sayuran terlebih dahulu, baru kemudian dipotong atau dipetik. Jangan sebaliknya, karena dengan memotong atau memetik sayuran terlebih dulu, kadar vitamin akan lebih banyak hilang.
  2. Perbandingan antara sayuran dengan air untuk memasak adalah 1 banding 3, sehingga gizi pada sayuran tidak banyak hilang akibat larut dalam air.
  3. Perhatikan durasi pengolahan sayuran, karena setiap jenis sayuran memiliki waktu pengolahan yang berbeda. Perhitungan dimulai saat sayuran dicelupkan/ di kukus ke dalam air yang mendidih.
  •  Kangkung         : 3-8 menit (direbus), 7-10 menit (dikukus)
  • Katuk                  :  4-5 menit (direbus), 8-9 menit (dikukus)
  • Daun melinjo   : 4-6 menit (direbus), 8 menit (dikukus)
  • Bayam                : 10-14 menit (direbus), 14 menit (dikukus)
  • Daun singkong: 6 menit (direbus), 10 menit (dikukus)

(Sumber: Tabloid Nova/229/V/23, Agustus 2003)

Posted on August 5, 2011, in Masak and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: